REVIEW
اجمع , قياص , وتعروض في اصول فقة
اجماع : جمع- mengumpulkan
Pengumpulan yang berma’na
Kesepakatan para
mujtajidin pada suatu periode setelah wafatnya nabi.
اتفاق المجتهدين من الامة الاسلامية من عرص عن عروص على
الحكم الشرعي بعد وفاة النبى
ركن – مجتهد
-
Ada pendapat
-
Ada kesepakatan
شرط- menguasai Al-Quran,Sunnah,Bahasa arab,permasalahan,usul
مجتهد
semua sepakat-
setelah wafatnya nabi-
pembagian:
-صارح – jelas
disepakati secara gamblang
Dalil qath’i-
-ucapan
,pikiran, perbuatan mujtahid
sesuai
- سكوتي- mujtahid diam
-hanafi: diam
ya setuju, tidak ada kesepakatan yang menyesatkan
-syafii:
diam belum tentu setugu bisa jadi waktu habis, tidak mendengar, dalil dhanni
-sebagian
syafi’I Hanafi: tidak termasuk ijma’
Contoh :
innah
Qiyas: المساوة , النفدير menyamakan
المساوة الفرع لاصل في علة حكمه
ركن و شرط: الاصل: kesepakatan ada di nash
الفرع:ada kesamaan illat
الحكم الاصل: mengikuti illat
علة: konsisten dalam setiap
permasalahan
Pembagian:
Aula : utama,memukul ortu
Musawi : sama, makan
harta anak yatim
Adwan : tak panta, apel
dengan gandum
Shibh: ragu
Dalalah: hokum
penunjukan, zakat
Aksi: tidak ada yang sama
التعارض:- persinggungan
antara 2 dalil yang saling mencegah
شرط: hokum,
objek, kedudukan ada pertentangan
Metode:
Hanafi:
naskh, tarjih, al jam’u wa attaufiqi,tasaqut ad dalilain
Syafii: al
jam’u at taufiqi,tarjih,nask,tasaqut ad dalilain
Pembagian:
-bentuk:
Naskh, hokum baru, ra’yu
-mutlaq,muqayyad
-intimbath,tatabiqi
-tajrih,tarjih
Insimbath:
kesungguhan seorang mujtahid untuk mengeluarkan hokum baru
Syarat:
mujtahidi paham nash al ahkam Al-Quran,Sunnah,qiyas,ijma’,Bahasa arab,maqasid,
usul fiqh
Comments
Post a Comment