“Eksisnya
bank”
Disusun untuk memenuhi tugas UAS
dalam mata kuliah Pengantar Management Bank Syariah
Dosen Pengampu : Puji Lestari, M.Si
Disusun Oleh :
UMI LATIFAH (16.21.00189)
PRODI PERBANKAN
SYARIAH
FAKULTAS SYARIAH
FAKULTAS SYARIAH
INSTITUT
PESANTREN MATHALI’UL FALAH
PURWOREJO, MARGOYOSO,PATI
2017
EKSISNYA
BANK
Latar Belakang pemilihan Bank Danamon sebagai bank yang Eksis di masyarakat
PT
Bank Danamon Indonesia, Tbk. berdiri sejak 1956, berkomitmen menjadi lembaga
keuangan yang fokus pada nasabah, serta menawarkan produk dan layanan
berkualitas dengan dukungan teknologi terkini. Hal ini sejalan dengan visi
“Kami peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan”.
Per
31 Maret 2017, Danamon mengelola aset sebesar Rp171 triliun bersama PT Adira Dinamika
Multi Finance Tbk. (Adira Finance) dan PT Asuransi Adira Dinamika
(Adira Insurance).
Danamon bahkan menerima
penghargaan “The Best in the Financial Sector” dan “Top 50 Publicly Listed
Companies”, juga sebagai “Indonesia's 1st Best Local Cash Management
Bank in the Small Size of Annual Sales Turnover”, kategori “Best
Digital Marketing Campaign dan Best Marketing Campaign Overall” atas inovasi
dalam layanan dan operasionalnya.
Bank Danamon
berhasil meningkatkan performa pelayanannya dengan gemilang. Untuk kategori
tabungan, Bank Danamon menempati posisi kelima dalam indeks loyalitas nasabah (customer
loyalty index) dengan indeks 73,8%. Bahkan Bank Danamon masuk jajaran 10 besar pada survei Indonesian
Bank Loyalty Index (IBLI) 2011 tentu bukan perkara mudah. Itu merupakan
hasil kerja keras Bank Danamon dalam menggaet nasabah penabung.
Untuk mengetahui eksisnya sebuah lembaga
perbankan, diperlukan untuk mengetahui bagaimana sistem management, strategi
menarik nasabah, serta langkah untuk mempertahankan nasabah pada perbankan
tersebut.
A. SISTEM
MANAGEMENT BANK DANAMON
1. Pemasaran
Bank Danamon mencakup diberbagai bidang, yang disesuaikan segmen pasar diantaranya adalah
- Perbankan Mikro/ Danamon Simpan Pinjam (DSP).
Dengan target wirausaha
individu yang masuk dalam kategori mikro dan kecil, yaitu mereka yang mempunyai
total penjualan kotor tahunan di bawah Rp2,5 miliar.
- Consumer Banking
Target semua segmen (mass,
menengah dan affluent). Yang utama adalah nasabah affluent atau self
employed.
- Perbankan UKM
Sasaran segmen pasar
pada nasabah usaha kecil dan menengah beromzet Rp2-40 miliar per tahun.
- Perbankan Syariah
Danamon Syariah berhasil melewati masa satu
dasarwarsa sejak pertama kali didirikan pada tahun 2002 dengan prestasi yang
memuaskan.
- Wholesale Banking
Memberikan
layanan perbankan pada segmen komersial dan korporasi. Segmen
komersial adalah nasabah dunia usaha yang memiliki omzet tahunan antara
Rp40-500 miliar. Sementara pada segmen korporasi adalah nasabah dunia usaha
yang beromzet tahunan di atas Rp500 miliar.
- Tresuri, Pasar Modal dan Lembaga Keuangan
Menyediakan
pendanaan yang terdiversifikasi dengan biaya efisien dan memastikan posisi
likuiditas yang kuat untuk mendukung pertumbuhan Bank.
- Transaction
Bank menyediakan
solusi yang luas untuk kebutuhan nasabah dalam hal perdagangan/trade finance
serta cash management.
- Adira Finance
PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (dikenal
sebagai “Adira Finance”) merupakan anak perusahaan Danamon yang bergerak di
bidang pembiayaan otomotif. Kepemilikan Danamon atas saham Adira Finance mencapai 95%.
- Adira Insurance
PT Asuransi Adira Dinamika (dikenal sebagai
“Adira Insurance”) adalah yang didirikan pada tahun 2002. Danamon memiliki
saham Adira Insurance sebesar 90%. Anak perusahaan ini bergerak di bidang usaha
asuransi umum.
- Adira Kredit
Danamon menyediakan pembiayaan barang-barang
konsumen, seperti elektronik, komputer, furnitur dan peralatan rumah tangga
lainnya.
2. Fokus kepada Portofolio dengan Tingkat Pengembalian yang Tinggi
Perusahaan memfokuskan aktivitas
pembiayaannya pada aset dengan tingkat pengembalian yang tinggi, dengan tetap
memperhatikan kualitas dari aset
tersebut.
3.
Diversifikasi Sumber Pendanaan yang Seimbang
Perusahaan
selalu berusaha dalam mencari sumber pendanaan yang stabil dan kompetitif dalam
mencukupi kebutuhan pendanaan, selain dengan dukungan penuh dari Induk
Perusahaan, Adira Finance juga bergerak ke arah diversifikasi ke berbagai
pilihan yang tersedia dalam pasar modal dalam upaya menangkap peluang bisnis
yang ada sehingga akan terus terjaga struktur pendanaan yang efektif dan
seimbang.
4.
Pengembangan Teknologi Informasi dan Sumber Daya Insani
Perusahaan
sangat memahami bahwa teknologi informasi dan sumber daya manusia memegang
peranan penting untuk mendukung pertumbuhan Perusahaan. Oleh karena itu,
Perusahaan senantiasa berupaya untuk mengembangkan teknologi informasi dan
sumber daya manusianya secara berkesinambungan.
5.
Penerapan Manajemen
Risiko Secara Hati Hati
Dengan Kajian secara menyeluruh atas kemampuan finansial
dari setiap calon konsumen dan mewajibkan pembayaran minimum atas uang muka.
B. STRATEGI
BANK DANAMON UNTUK MENARIK NASABAH
· Melalui
berbagai produk yang terus dikembangkan dengan berbagai keunggulannya.
- Tabungan SiPinter: Produk tabungan dengan setoran awal ringan yang sesuai dengan nasabah di segmen mikro.
- Giro Bisa: Rekening Giro unggulan yang memberikan banyak kelebihan dibandingkan dengan Giro biasa, yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah di segmen UKM.
Adapun diantara kelebihannya adalah
1)
Gratis biaya
transaksi. Setiap transaksi dengan jumlah saldo yang beragam mulai dari 0
hingga 10 Milyar lebih nasabah tetap mendapatkan gratis biaya transaksi
kliring.
2)
Ditambah lagi
bonus sesuai dengan saldo rata-rata rekening nasabah akan semakin diuntungkan.
3)
Fasilitas yang
bisa dimanfaatkan nasabah melaui GiroBisa juga beragam
4)
Terdapat layanan internet
banking Bank Danamon juga jaringan
kantor cabang dan ATM Bank Danamon yang tersebar luas. Dengan begitu transaksi bisnis nasabah juga
akan semakin dimudahkan
- Fleximax: Tabungan premium yang memberikan 9 keuntungan bernilai lebih dari Rp10 juta per tahun.
- Danamon Lebih: Tabungan dengan 5 kelebihan ala Danamon.
2)
Cash Back dapat dimana
dan kapan
saja,
cash back di berikan jika nasabah menggunakan kartu debet danamon
lebih untuk belanja di merchant berlogo master card / master card electronic.
3)
Melalui Danamon
Online Banking merupakan Transfer termurah dan gratis tarik tunai
dijaringan ATM Bersama
4)
Mendapatkan gratis perlindungan
asuransi jiwa pada periode tertentu.
5)
Bank danamon
untuk memberikan berbagai hadiah kejutan. Hadiah berupa
gadget, seperti hp Samsung galaxy, atau kamera digital.
Pada produk ini, hanya diwajibkan memiliki
setoran awal min Rp.250.000,-, dengan saldo Rp.500.000,- untuk bebas biaya
admin dan Saldo ditahan Rp 50 ribu juga dapat memiliki kartu ATM yang bisa berfungsi
sebagai kartu Debit serta akses internet banking.
- Kartu Danamon: Kartu kredit istimewa yang memberikan kenyamanan dalam berbelanja dan memenuhi gaya hidup modern Anda. Selain itu, kartu ini juga menawarkan berbagai program menarik dan unik di ribuan tempat yang bekerja sama dengan Danamon.
- Danamon Online Bar: Layanan internet banking dalam melakukan transaksi perbankan seperti informasi saldo, transfer dana domestic dan valas, pembayaran tagihan, pembelian dan rekening koran online.
- Deposito Danamon Syariah: Produk investasi dengan prinsip Syariah dalam bentuk akad Mudharabah (bagi hasil) dengan pilihan jangka waktu 1, 3, 6 atau 12 bulan.
- cash@work: Layanan internet banking untuk cash management (manajemen kas) dimana nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan secara langsung dan mudah di kantor nasabah melalui jaringan internet.
- Trade Commodity Financing: Dirancang sebagai skema pembiayaan khusus dimana strukturnya disesuaikan dengan jenis usaha nasabah dan komoditasnya.
- Danamon one , yang merupakan perpaduan 3 produk unggulan berupa tabungan, kartu kredit, dan cash card ,
1) Dengan berbagai hadiah langsung dan
kesempatan untuk memenangkan
mobil Toyota Fortuner satu per minggu hanya dengan memberikan
saldo rata-rata
bulanan minimal Rp 6 juta, untuk mendapatkan poin.
2) Dapat menikmati penghematan biaya
sampai Rp 1 juta setahunnya karena dibebaskan dari segala biaya administrasi
bulanan, biaya penarikan tunai, transfer antar rekening di jaringan ATM Bersama
dan ALTO, disamping biaya lainnya.
3) Proses
yang mudah dan efisien akan menghasilkan penghematan waktu bagi nasabah
·
Sebagai
satu-satunya penerbit kartu debit, kartu ATM dan Kartu Kredit Manchester United
di Indonesia serta penerbit kartu kredit American Express,
C. STRATEGI
BANK DANAMON UNTUK MEMPERTAHANKAN NASABAH
·
Komitmen untuk Produktifitas dan Efisiensi
Penyempurnaan
sistem dan prosedur secara terus menerus untuk meningkatkan
produktifitas, mendukung aktivitas keuangan dan meningkatkan efisiensi.
Misalnya saja memberikan kemudahan, kecepatan dan transparansi
bagi borrower dan lender yang memanfaatkan wadah P2P lending Investree serta memberikan kefleksibelan
pada nasabah dalam mengakses keuangannya.
·
Perluasan Layanan Usaha
Dalam upaya untuk menjangkau dan memberikan
pelayanan yang terbaik bagi konsumen dan rekan usaha, agar tetap
melekat di hati nasabah dan nasabah pun puas dengan pelayanan, Bank Danamon
terus menjaga performanya dan mempermudah akses lewat jaringan kantor cabang
dan automatic teller machine (ATM).
·
Selalu menghadirkan inovasi
Danamon juga menghadirkan inovasi layanan host-to-host dan solusi
akun virtual bagi lender di Investree. Yaitu adanya inisiatif penyediaan
sistem manajemen kas, yaitu fasilitas automatic payment dan automatic posting di
bidang manajemen treasury perusahaan, keuangan perdagangan, rantai pasokan, dan
manajemen risiko.
· Menjalin Hubungan yang Kuat dan Erat
Perusahaan senantiasa berupaya
menjaga hubungan baik serta meningkatkan kepercayaan dan kepuasan baik bagi
konsumen maupun rekan usaha.
Danamon pun selalu meningkatkan kerja sama dengan perusahaan lain contoh
seperti dengan Silver bird dari group Blue bird untuk
kemudahan nasabahnya dalm melakukan pembayaran taksi melalui kartu debit atau
pun kartu kredit, juga ada Manulife bagi para pelaku ukm sehingga mempermudahkan mereka untuk mendapatkan simpanan dana,
solusi jasa perbankan, sms dan internet banking dengan one stop solution dan
kerja sama dengan perusahaan besar lainnya.
Comments
Post a Comment