Skip to main content

Analisis Eksisnya perbankan di masyarakat


“Eksisnya bank”

Disusun untuk memenuhi tugas UAS

dalam mata kuliah Pengantar Management Bank Syariah

Dosen Pengampu : Puji Lestari, M.Si




















Disusun Oleh  :

UMI LATIFAH (16.21.00189)



PRODI PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS SYARIAH

INSTITUT PESANTREN MATHALI’UL FALAH

PURWOREJO, MARGOYOSO,PATI

2017

EKSISNYA BANK

http://www.danamon.co.id/Portals/0/logodanamon.png

Latar Belakang pemilihan Bank Danamon sebagai bank yang Eksis di masyarakat

PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. berdiri sejak 1956, berkomitmen menjadi lembaga keuangan yang fokus pada nasabah, serta menawarkan produk dan layanan berkualitas dengan dukungan teknologi terkini. Hal ini sejalan dengan visi “Kami peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan”.

Per 31 Maret 2017, Danamon mengelola aset sebesar Rp171 triliun bersama PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) dan PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance).

Danamon bahkan menerima penghargaan “The Best in the Financial Sector” dan “Top 50 Publicly Listed Companies”, juga sebagai “Indonesia's 1st Best Local Cash Management Bank in the Small Size of Annual Sales Turnover”, kategori “Best Digital Marketing Campaign dan Best Marketing Campaign Overall” atas inovasi dalam layanan dan operasionalnya.

Bank Danamon berhasil meningkatkan performa pelayanannya dengan gemilang. Untuk kategori tabungan, Bank Danamon menempati posisi kelima dalam indeks loyalitas nasabah (customer loyalty index) dengan indeks 73,8%. Bahkan Bank Danamon masuk jajaran 10 besar pada survei Indonesian Bank Loyalty Index (IBLI) 2011 tentu bukan perkara mudah. Itu merupakan hasil kerja keras Bank Danamon dalam menggaet nasabah penabung.     

Untuk mengetahui eksisnya sebuah lembaga perbankan, diperlukan untuk mengetahui bagaimana sistem management, strategi menarik nasabah, serta langkah untuk mempertahankan nasabah pada perbankan tersebut.

A.    SISTEM MANAGEMENT BANK DANAMON

1.      Pemasaran Bank Danamon mencakup diberbagai bidang, yang disesuaikan segmen pasar diantaranya adalah

    1. Perbankan Mikro/ Danamon Simpan Pinjam (DSP).

Dengan target wirausaha individu yang masuk dalam kategori mikro dan kecil, yaitu mereka yang mempunyai total penjualan kotor tahunan di bawah Rp2,5 miliar. 

    1. Consumer Banking

Target semua segmen (mass, menengah dan affluent). Yang utama adalah nasabah affluent atau self employed. 

    1. Perbankan UKM

Sasaran segmen pasar pada nasabah usaha kecil dan menengah beromzet Rp2-40 miliar per tahun. 

    1. Perbankan Syariah

Danamon Syariah berhasil melewati masa satu dasarwarsa sejak pertama kali didirikan pada tahun 2002 dengan prestasi yang memuaskan. 

    1. Wholesale Banking

Memberikan layanan perbankan pada segmen komersial dan korporasi. Segmen komersial adalah nasabah dunia usaha yang memiliki omzet tahunan antara Rp40-500 miliar. Sementara pada segmen korporasi adalah nasabah dunia usaha yang beromzet tahunan di atas Rp500 miliar.

    1. Tresuri, Pasar Modal dan Lembaga Keuangan

Menyediakan pendanaan yang terdiversifikasi dengan biaya efisien dan memastikan posisi likuiditas yang kuat untuk mendukung pertumbuhan Bank. 

    1. Transaction

Bank menyediakan solusi yang luas untuk kebutuhan nasabah dalam hal perdagangan/trade finance serta cash management. 

    1. Adira Finance

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (dikenal sebagai “Adira Finance”) merupakan anak perusahaan Danamon yang bergerak di bidang pembiayaan otomotif. Kepemilikan Danamon atas saham Adira Finance mencapai 95%. 

    1. Adira Insurance

PT Asuransi Adira Dinamika (dikenal sebagai “Adira Insurance”) adalah yang didirikan pada tahun 2002. Danamon memiliki saham Adira Insurance sebesar 90%. Anak perusahaan ini bergerak di bidang usaha asuransi umum. 

    1. Adira Kredit

 Danamon menyediakan pembiayaan barang-barang konsumen, seperti elektronik, komputer, furnitur dan peralatan rumah tangga lainnya.

2.      Fokus kepada Portofolio dengan Tingkat Pengembalian yang Tinggi

Perusahaan memfokuskan aktivitas pembiayaannya pada aset dengan tingkat pengembalian yang tinggi, dengan tetap memperhatikan kualitas dari aset tersebut.

3.      Diversifikasi Sumber Pendanaan yang Seimbang

Perusahaan selalu berusaha dalam mencari sumber pendanaan yang stabil dan kompetitif dalam mencukupi kebutuhan pendanaan, selain dengan dukungan penuh dari Induk Perusahaan, Adira Finance juga bergerak ke arah diversifikasi ke berbagai pilihan yang tersedia dalam pasar modal dalam upaya menangkap peluang bisnis yang ada sehingga akan terus terjaga struktur pendanaan yang efektif dan seimbang.



4.      Pengembangan Teknologi Informasi dan Sumber Daya Insani

Perusahaan sangat memahami bahwa teknologi informasi dan sumber daya manusia memegang peranan penting untuk mendukung pertumbuhan Perusahaan. Oleh karena itu, Perusahaan senantiasa berupaya untuk mengembangkan teknologi informasi dan sumber daya manusianya secara berkesinambungan.

5.      Penerapan Manajemen Risiko Secara Hati Hati

Dengan Kajian secara menyeluruh atas kemampuan finansial dari setiap calon konsumen dan mewajibkan pembayaran minimum atas uang muka.



B.     STRATEGI BANK DANAMON UNTUK MENARIK NASABAH

·   Melalui berbagai produk yang terus dikembangkan dengan berbagai keunggulannya.

    1. Tabungan SiPinter: Produk tabungan dengan setoran awal ringan yang sesuai dengan nasabah di segmen mikro.
    2. Giro Bisa: Rekening Giro unggulan yang memberikan banyak kelebihan dibandingkan dengan Giro biasa, yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah di segmen UKM.

Adapun diantara kelebihannya adalah

1)      Gratis biaya transaksi. Setiap transaksi dengan jumlah saldo yang beragam mulai dari 0 hingga 10 Milyar lebih nasabah tetap mendapatkan gratis biaya transaksi kliring.

2)      Ditambah lagi bonus sesuai dengan saldo rata-rata rekening nasabah akan semakin diuntungkan.

3)      Fasilitas yang bisa dimanfaatkan nasabah melaui GiroBisa juga beragam

4)      Terdapat layanan internet banking Bank Danamon juga jaringan kantor cabang dan ATM Bank Danamon yang tersebar luas. Dengan begitu transaksi bisnis nasabah juga akan semakin dimudahkan

    1. Fleximax: Tabungan premium yang memberikan 9 keuntungan bernilai lebih dari Rp10 juta per tahun.
    2. Danamon Lebih: Tabungan dengan 5 kelebihan ala Danamon.

1)      Mengusung konsep tabungan bank tanpa biaya administrasi.

2)      Cash Back dapat dimana dan kapan saja, cash back di berikan jika nasabah menggunakan kartu debet danamon lebih untuk belanja di merchant berlogo master card / master card electronic.

3)      Melalui Danamon Online Banking merupakan Transfer termurah dan gratis tarik tunai dijaringan  ATM Bersama

4)      Mendapatkan gratis perlindungan asuransi jiwa pada periode tertentu.

5)      Bank danamon untuk memberikan berbagai hadiah kejutan. Hadiah berupa gadget, seperti hp Samsung galaxy, atau kamera digital.

Pada produk ini, hanya diwajibkan memiliki setoran awal min Rp.250.000,-, dengan saldo Rp.500.000,- untuk bebas biaya admin dan Saldo ditahan Rp 50 ribu juga dapat memiliki kartu ATM yang bisa berfungsi sebagai kartu Debit serta akses internet banking.

    1. Kartu Danamon: Kartu kredit istimewa yang memberikan kenyamanan dalam berbelanja dan memenuhi gaya hidup modern Anda. Selain itu, kartu ini juga menawarkan berbagai program menarik dan unik di ribuan tempat yang bekerja sama dengan Danamon.
    2. Danamon Online Bar: Layanan internet banking dalam melakukan transaksi perbankan seperti informasi saldo, transfer dana domestic dan valas, pembayaran tagihan, pembelian dan rekening koran online.
    3. Deposito Danamon Syariah: Produk investasi dengan prinsip Syariah dalam bentuk akad Mudharabah (bagi hasil) dengan pilihan jangka waktu 1, 3, 6 atau 12 bulan.
    4. cash@work: Layanan internet banking untuk cash management (manajemen kas) dimana nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan secara langsung dan mudah di kantor nasabah melalui jaringan internet.
    5. Trade Commodity Financing: Dirancang sebagai skema pembiayaan khusus dimana strukturnya disesuaikan dengan jenis usaha nasabah dan komoditasnya.
    6. Danamon one , yang merupakan perpaduan 3 produk unggulan berupa tabungan, kartu kredit, dan cash card ,

1)      Dengan berbagai hadiah langsung dan kesempatan untuk memenangkan mobil Toyota Fortuner satu per minggu hanya dengan memberikan saldo rata-rata bulanan minimal Rp 6 juta, untuk mendapatkan poin.

2)      Dapat menikmati penghematan biaya sampai Rp 1 juta setahunnya karena dibebaskan dari segala biaya administrasi bulanan, biaya penarikan tunai, transfer antar rekening di jaringan ATM Bersama dan ALTO, disamping biaya lainnya.

3)      Proses yang mudah dan efisien akan menghasilkan penghematan waktu bagi nasabah

·   Sebagai satu-satunya penerbit kartu debit, kartu ATM dan Kartu Kredit Manchester United di Indonesia serta penerbit kartu kredit American Express, 



C.    STRATEGI BANK DANAMON UNTUK MEMPERTAHANKAN NASABAH

·   Komitmen untuk Produktifitas dan Efisiensi

Penyempurnaan sistem dan prosedur secara terus menerus untuk meningkatkan produktifitas, mendukung aktivitas keuangan dan meningkatkan efisiensi.

Misalnya saja memberikan kemudahan, kecepatan dan transparansi bagi borrower dan lender yang memanfaatkan wadah P2P lending Investree serta memberikan  kefleksibelan pada nasabah dalam mengakses keuangannya.

·   Perluasan Layanan Usaha

Dalam upaya untuk menjangkau dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen dan rekan usaha, agar tetap melekat di hati nasabah dan nasabah pun puas dengan pelayanan, Bank Danamon terus menjaga performanya dan mempermudah akses lewat jaringan kantor cabang dan automatic teller machine (ATM).

·   Selalu menghadirkan inovasi

Danamon juga menghadirkan inovasi layanan host-to-host dan solusi akun virtual bagi lender di Investree. Yaitu adanya inisiatif penyediaan sistem manajemen kas, yaitu fasilitas automatic payment dan automatic posting di bidang manajemen treasury perusahaan, keuangan perdagangan, rantai pasokan, dan manajemen risiko.

·   Menjalin Hubungan yang Kuat dan Erat

Perusahaan senantiasa berupaya menjaga hubungan baik serta meningkatkan kepercayaan dan kepuasan baik bagi konsumen maupun rekan usaha.

Danamon pun selalu meningkatkan  kerja sama dengan perusahaan lain contoh seperti dengan Silver bird dari group Blue bird untuk kemudahan nasabahnya dalm melakukan pembayaran taksi melalui kartu debit atau pun kartu kredit, juga ada Manulife bagi para pelaku ukm sehingga mempermudahkan mereka untuk mendapatkan simpanan dana, solusi jasa perbankan, sms dan internet banking dengan one stop solution dan kerja sama dengan perusahaan besar lainnya.


Comments

Popular posts from this blog

Mengenali Ayat dan Hadist tentang Kewirausahaan

PENDAHULUAN A.LATAR BELAKANG Entrepreneur memang bisa merupakan bakat, namun bisa dibentuk. Yang pasti, semua bukan tidak bisa menjadi entrepreneur yang sukses. Banyak cerita tentang orang yang mempunyai mitos yang salah tentang entrepreneurship. Mitos yang salah akan menciptakan rasa takut yang menjadi penghalang utama seseorang untuk memutuskan memulai usaha. Sukses merupakan proses yang bergulir. Meskipun demikian, Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum atau kelompok atau individu, kecuali kaum atau kelompok atau individu itu berusaha mengubahnya. Kita berusaha yang terbaik, sabar dan mengikuti jalan yang benar yang dilandasi iman kepada Allah. Insya Allah kita akan menjadi entrepreneur yang berhasil, baik di dunia mapun di akhirat.  Untuk itu, disini penulis akan membahas lebih mendalam mengenai karakteristik dan tinjauannya dalam Al-Qur’an dan Hadist. B. RUMUSAN MASALAH 1.Apa definisi dari wirausaha? 2.Bagaimana karakteristik dan tinjauannya dari ayat & hadist u...

Ayat Hadist Ekonomi "Mudharabah"

MAKALAH ‘’MUDHARABAH” Makalah ini di susun guna untuk memenuhi tugas Mata Kuliah: Ayat dan Hadist Ekonomi Dosen Pengampu: Dr. Jamal Ma’mur,MA Image Disusun Oleh: 1. Nurul Istianah       (16.21.00246) 2. Umi Latifah          (16.21.00189) 3. M. Ali Syukron     (16.21.00014) 4. Laila Atmim N      (16.21.00156) FAKULTAS SYARI’AH PROGAM STUDI PERBANKAN SYARIAH INSTITUT PESANTREN MATHALI’UL FALAH TAHUN AKADEMIK 2017/2018 MUDHARABAH A. Latar Belakang Akad mudharabah merupakan salah satu produk pembiayaan yang disalurkan oleh perbankan syari’ah. Seperti yang disebutkan dalam Undang-Undang No 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syari’ah (selanjutnya disebut UUPS). Pasal 19 UUPS menyebutkan, bahwa salah satu akad pembiayaan yang ada dalam perbankan syari’ah adalah akad mudharabah. Akad Mudharabah adalah akad an...

resum sholih,akram,hirs,amanah,istiqomah,dan zuhud

SHOLIH Adalah sebuah konsep yang memiliki ciri, senantiasa bertaqwa kepada Allah dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. "والذين أمنوا وعملوا الصالحات لندخلنهم الصالحين"   Dari ayat ini orang yang sholih adalah orang yang beriman dan beramal yang baik. Misalnya dengan membaca Al-Qur'an, memahami dan mengamalkan isinya. Senantiasa tanggap pada permasalahan keluarga, lingkungan, dan masyarakatnya. Serta mampu menjadi Khalifah yang mengatur ,mengelola bumi dan isinya. Allah berfirman dalam Q.S. Al-Anbiya'; 105 وَلَقَدْ كَتَبْنَا فِي الزَّبُورِ مِنْ بَعْدِ الذِّكْرِ أَنَّ الْأَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ الصَّالِحُونَ Artinya: Dan sungguh telah Kami tulis didalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfuzh, bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hamba-Ku yang saleh. Disini memiliki arti atau dinisbatkan pada orang-orang yang dapat mengelola bumi dengan baik artinya orang-orang yang dapat mengurus kemaslahatan umat manusia dengan baik, ...