Istimbat hukum
islam
A. 
Pengertian Istimbat
Secara etimologi istinbath berarti penemuan, penggalian,
pengeluaran (dari asal). 
الاجتهاد: “استفراغ الوسع في طلب الظن بشيء من
الأحكام الشرعية على وجه يحس من النفس العجز عن المزيد فيه”
B. Dua macam ijtihad: 
a. Tanqihul manath: penerapan suatu hukum syar’i pada suatu obyek kasus
(ijtihad dalam penerapan hukum)
b. Tahqiqul manath: penggalian hukum syar’i
C. Obyek
ijtihad
– Obyek ijtihad: 
a. hukum-hukum yang teksnya dzanni tsubut dan
dilalah, atau dzanni salah satunya. 
b. hukum-hukum yang tidak ada teksnya dan juga
tidak terdapat ijma’.
– Yang tidak boleh dijadikan obyek ijtihad:
hukum-hukum yang maklum minaddin biddharurah
D. Syarat-syarat
untuk melakukan ijtihad
A. Mengetahui kaidah-kaidah pokok Bahasa Arab (القواعد الاصوليه اللغوية)   
- pendekatan tekstual / lafal
1.Lafaz
menurut makna yang dikandungnya (اعتبار وضع اللفظ للمعنى):
a).‘amm (yang tetap pada keumumannya)
c/ الرجل,رجال ,المراة,
كل امرى
b).khash(yang mempunyai maksud khushush, yang dikhususkan)
c/رجل, مراة, علي
c).muthlaq x muqayyad
c/ الرجل x رجل اندونسي 
d).amr )perintah)
c/ wajib : واقيمو الصلاة
   
nadb : فاذا قضيت الصلاة فا نتشروا
   
Ibahah: واذ طلتم فاصتدوا
    Irsya’d: فاقتلوا المشركين 
e).nahy (larangan)
c/ tahrim : ولا
تقربوالزنا
    karahah:… لا تصلوا فى
مبارك
   
do’a: ربنا لا تزغ قلوبنا
    Irsyad
:…. لا تسالو الاشياء ان تبد لكم 
f).musytarak
            c/
واقيمو الصلاة  bermakna : الدعاء
atau هيئة العبادة
2. lafazh menurut pemakaian makna (اعتبار اسهال اللفظ والمعنى المقبله او بره)
a).haqiqah (2 kata yang berdampingan)
c/  ولا تقتلو النفسى التى حرم اللهdan… انهاق الروح
b).majaz (2 makna / kiasan /yang tersirat)
            c/ واساءل القرية  dan اهل
c).sharih (makna jelas)
            c/
الله لا اكل من هذه الشجرة : hati
d).kinayah (belum jelas/ Bahasa alus’e/ ada
tanda-tanda/ maksudnya)
            c/
الحقر باءهلك  ‘temui keluargamu: talak’
- pendekatan substansial
1. lafazh pada
kondisi zhuhur ad-dalalah dan mubham ad-dalalah 
            a). Dhahir ( 1 lafal
2 makna dipilih yang kuat/ dipahami dengan maksud lain)
                        c/ واحل البيع و حرم الربا : حلال البيع
            b). An-nafi (makna yang dimaksud secara langsung)
                        c/ واحل البيع و حرم الربا: البيع و الربا
            c).Al-mufasir
(maknanya yang terinci)
                        c/
وقا تلو المشركون كافه ≠ واقيمو الصلاة
            d).Al-hukmu
                        c/
ولا ان تنكحوا ازواجه من بعده ابدا
            e).Al-Khafi
(samar)
                        c/
…ايديهما….  والسارق والسارقة
            f).Al-musykil
(tersembunyi/ diragukan)
                        c/ ….ثلاثة قرك…: خيض او طهر
            g).Al-mutashabihat
( samar /tidak ada cara yang dapat digunakan untuk mencapai artinya)
                        c/  يد
الله فوق ايديهم: قدرة
B.     
Maqashid at-tasyri’ al-‘ammah
Dhoruriyah:
      - agama, jiwa, akal, keturunan, harta
Hajiyah:
-muamalah
Tahsaniyah:
-adab wa akhlaqul karimah
C. Ilmu nasikh wa mansukh dan at-ta’arudh wa at-tarjih (pertentangan)
Pembagiannya:
1.      
Lafaz dari Segi Kejelasan
Artinya 
Terang ( dhahir, nash,
mufassar, muhkam)
Tak terang (khafi,
musykil, mujmal,mutasyabih)
2.      
Lafaz dari Segi
Penggunaannya
(haqiqah, majas, sharih,
kinayah)
3.      
Lafaz dari Segi Kandungan Pengertiannya
(Amm, khash, muthlaq, muqayyad)
4.      
Lafaz dari Segi Dilalah
(Penunjukan) atas Hukum
- Lafaz dari Segi Sighat Taklif (Amr, Nahi)
Comments
Post a Comment